5 Langkah Mudah Mempersiapkan AutoCAD Plot

Mempersiapkan gambar AutoCAD untuk dicetak sering merupakan proses yang memusingkan bagi pemula. Dan seringkali bagi pengguna senior juga. Saya akan coba membahas cara yang biasa saya ajarkan pada training untuk memudahkan proses pencetakan. Pada cara ini saya menggunakan layout untuk representasi gambarnya.
Untuk anotasi sendiri terserah pada anda, apakah akan menggunakannya pada layout, atau menggunakannya pada model dengan annotation scale.
Sekarang saya asumsikan bahwa gambar yang akan dicetak sudah ada. Jika belum, silahkan dicari contoh gambar yang sudah ada untuk melakukan langkah-langkah berikut.
Atur Unit Kerja
Aturan no. 1 adalah bekerja dengan unit yang sesuai. Jika anda bekerja dengan unit mm, anda harus mengatur UNITS menjadi mm. Jika anda membuat file baru, gunakan template dengan standard ISO.
Perlu diingat bahwa AutoCAD hanya menyediakan skala cetak untuk mm dan inch. Jadi saat ini, gunakan mm untuk menggambar objek dengan ukuran sesungguhnya. Jika menggambar garis 5m, buatlah garis sepanjang 5000mm.
Kelak mungkin anda ingin menggunakan unit m atau bahkan km. Tapi itu cerita lain. Cara ini akan menggunakan semua default AutoCAD.
Atur Ukuran Kertas pada Layout
Selanjutnya adalah mengatur ukuran layout.Klik kanan pada TAB Layout1 (atau nama layout lain yang ingin diubah ukurannya). Pilih page setup manager dari context menu.
Description: http://cdn.tentangcad.com/wp-content/uploads/2008/07/page-setup.jpg
Klik modify pada dialog yang terbuka kemudian.
  1. Pilihlah jenis printer dan ukuran kertas yang diinginkan.
  2. Pada bagian what to plot, pilih layout.
  3. Pastikan skala cetak 1:1.
  4. (Optional) Atur plot style table yang akan digunakan.
Klik OK.
Tambahkan Border/Title Block
Jika anda sudah punya border untuk dicetak, dapat insert sebagai block di sini. Sekali lagi, gunakan ukuran dengan skala 1:1. Jadi kalau ukuran kertasnya A1 (841×594 mm), gunakan border dengan ukuran itu dikurangi margin. Misalnya 821x554mm (silahkan mengacu pada standar perusahaan masing-masing).
Posisikan agar terletak pada area yang akan dicetak. Area yang akan dicetak ditunjukkan pada layout dengan garis putus-putus.
Description: http://cdn.tentangcad.com/wp-content/uploads/2008/07/border-300x215.jpg
Buat dan atur Skala viewport
Langkah terakhir adalah membuat viewport dan skalanya. Buatlah viewport dengan menggunakan MV. Lalu atur skalanya dengan cara yang ditunjukkan pada posting ini. Ada cara lain yang biasa digunakan di AutoCAD versi lama, namun tutorial ini bertujuan supaya yang baca dapat mengatur percetakan semudah mungkin.
Cetak Gambar
Pada dasarnya saat mencetak, tidak ada lagi yang harus anda atur. Periksalah pada plot preview untuk memastikan semua sudah sesuai, lalu klik OK.


Berikut ini cara print gambar autocad pada autocad versi 2008, untuk versi 2007, 2004 , 2009 , 2010 ada perbedaan tampilan namun secara prinsip hampir mirip cara ngeprint gambarnya.

untuk print gambar pertama kali klik file kemudian akan muncul tab baru, pile plot
Description: http://sipil.polsri.ac.id/images/newspost_images/july2011/cara-print-autocad.png


kemudian akan masuk ke tab baru seperti ini
Description: http://sipil.polsri.ac.id/images/newspost_images/july2011/cara-print-gambar-autocad.jpg



pada name: pilih none ( untuk pengaturan print ) atau previous plot untuk melanjutkan print dengan pengaturan yang sudah dibuat sebelumnya, kali kita pilih saja none , langkah berikutnya

1. pilih jenis printer yang kita gunakan untuk mencetak gambar autocad kita

2. pengaturan garis pada plot style table ( bisa dicoba-coba dengan klik gambar pensil yang ada disebelah kanan) secara default bisa langsung kita pilih salah satu saja

    * None ( hasil output printer berwarnan )
    * Mochrome.ctb (hasil output printer hitam putih tebal)
    * Grayscale.ctb ( hasil output printer hitam tipis)
    * untuk menghasilkan output prin sesuai selera dapat dimodifikasi melalui menu ini


3. pilih ukuran kertas pada menu paper size

4. pilih hasi output object pada shade plot option
    
    * Wireframe ( hasil output garis tembus pandang/ semua garis ter print)
    * Hidden ( hasil output print object yang langsung tampak oleh mata hanya untuk gambar 
       3 dimensi )
    * Rendered ( hasil output gambar 3 dimensi komplit dengan pencahayaan, warna material 
       gambar 3 dimensi yang sudah dimodifikasi sebelumnya)
    * pilihan lainya, fast, draft, normal silahkan dicoba-coba


5. pilih posisi kertas pada menu drawing orientation
    * Potrait ( posisi kertas berdiri )
    * Landscape ( posisi kertas tidur )


6. pilih are yang di print pada menu what to plot

    * window ( hasil print sesuai dengan area yang dipilih ) untuk menggunakan pilihan 
       ini klik window kemudian klik berikan kotak area yang akan diprint )
    * display ( hasil print adalah gambar yang tampak pada layar )


7.pengaturan skala gambar pada menu plot scale

    * fit to paper ( hasil print skala gambar menyesuaikan ukuran kertas ) untuk 
       menggunakan pilihan ini berikan centang pada fit to papaer
    * 1:… untuk memilih skala yang diinginkan
    * custom untuk membuat ukuran skala sendiri


8. klik preview untuk melihat dulu hasil print yang akan digambar jika sudah sesaui keinginan bisa langsung klik kanan dan plot pada gambar, print gambar selesai

9.langkah ini tanpa melewati langkah 8, jika kita sudah yakin dengan gambar yang akan kita print maka dapat langsung klik OK, print gambar selesai

fasilitas print lainya dapat dicoba-coba, cara print gambar diatas berlaku sama baik pada halaman model maupun layout.



AutoCAD Plotting (2008) – Bagian 2 (Akhir)

March 7th, 2008 § 20 Comments
Ok, sekarang sesuai janji saya, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai cara plotting skalatis di AutoCAD.
4. Setelah gambar secara terukur selesai dibuat, maka langkah berikutnya adalah menyiapkan layout untuk melakukan plotting.
Klik tab Layout 1 di sebelah tab Model.
Kemudian, klik kanan pada tab, dan pilih Page Setup Manager>Layout 1>Modify
Anda akan melihat tampilan window yang menunjukkan berbagai informasi yang diperlukan untuk melakukan plotting. Seperti, Pemilihan printer, ukuran kertas, orientasi kertas, skala, dsb.
Langkah pertama adalah :
Menentukan jenis kertas yang akan digunakan : AutoCAD menyediakan berbagai macam kertas dengan berbagai standar tertentu. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk memilih kertas yang sesuai dengan ukuran gambar kita secara skalatis.
Description: Screenshot 1
Langkah kedua :
Menentukan skala untuk melakukan plotting. Ok, ini mungkin bagian yang cukup membingungkan bagi beberapa pengguna AutoCAD. Kita lihat sedikit prinsipnya, disana tertulis 1mm = 1 units, ini berarti 1mm di gambar dengan ukuran sebenarnya sama dengan 1 units AutoCAD, jadi.. kalau kita menggunakan satuan meter, seperti yang kita coba sebelumnya, hal ini berarti : 1 mm = 0.001 units, kenapa? Ya, karena 1mm = 0,001 meter jadi sama dengan 1mm = 0,001 units
Description: screenshot2.jpg
Jika kedua langkah telah dilakukan, maka yang berikutnya harus diatur adalah setting printer/plotter. Jika Anda hanya ingin memiliki printer yang support untuk kertas yang Anda pilih, sebaiknya printer tersebut langsung dipilih saja. Tetapi, jika Anda tidak mempunyai printer untuk kertas yang Anda pilih, misalnya untuk kertas ukuran A0, sebaiknya settingannya tetap di None saja. Jadi, setting printer ini bisa Anda atur nanti di tempat pencetakan/plotting Anda.
Jangan lupa juga untuk tetap memilih Layout pada Plot Area>What to plot:>Layout, karena yang akan kita plot disini adalah Layout yang sudah kita buat. Jika semua settingan sudah selesai, maka klik OK.
5. Memasukkan skala gambar yang kita inginkan pada Layout kita.
Ya, sekarang kita sudah punya Layout untuk gambar kita. Jangan lupa bahwa, gambar kita memiliki satuan yang benar dan memang sudah digambar dengan ukuran yang sebenarnya. Kita juga sudah mengklarifikasi pada AutoCAD bahwa 1unit = 1mm, sesuai prinsip AutoCAD. Jika hal tersebut sudah dilakukan, tentu akan menimbulkan pertanyaan : Kemudian bagaimana memasukkan skala yang diinginkan pada Layout?
Ok, langkah pertama untuk melakukan hal ini adalah :
Pastikan Anda sudah berada di area paper space, dengan mengetikkan ps pada command line :
Command : ps
Jika Anda memang sudah berada di area paper space, AutoCAD akan memberitahu : Already in paper space.
Kemudian kita akan mulai memasukkan skala yang kita inginkan, dengan cara :
CommandLine : mvsetup à ketikkan mvsetup pada CommandLine
Anda akan mendapatkan beberapa pilihan, saya tidak akan membahas tentang pilihan yang belum relevan dengan subjek pembahasan saat ini, jadi ketik s (scale viewport) pada Command Line dan Enter.
Command: mvsetup
Enter an option [Align/Create/Scale viewports/Options/Title block/Undo]: s
Select the viewports to scale…
Select object : [pilih objek yang akan kita skalakan à maksudnya viewport layout]
Enter the number of paper space units <1.0> : [ini merupakan skala benda yang dalam ukuran sebenarnya, jadi ketikkan angka satu dan enter]
Enter the number of model space units <1.0> : [ini merupakan skala benda dalam kertas yang akan kita plot, dalam kasus kita, kita akan plot benda ke dalam skala 1:500, jadi ketikkan angka 500 dan enter]
OK, sekarang benda kita sudah memiliki skala 1:500, langkah berikutnya adalah mengatur letak gambar agar berada di tengah-tengah kertas.
Ketikkan ms pada CommandLine
Command : ms
Ini merupakan perintah untuk memasuki area model, yah, maksudnya sama saja kita balik lagi ke tab model. Sekarang kita akan sedikit menggeser benda. Agar benda tidak berubah skalanya gunakan tool Pan, bisa diklik dari toolbar atau ketikkan :
Command : pan
Nah, sekarang kita bisa menggeser2 benda tanpa mengubah skala gambar. Jika gambar sudah sesuai letaknya, maka pencet esc, dan ketikkan kembali :
Command : ps
,agar kita kembali ke area paper space. Pada dasarnya, ada berbagai macam teknik plotting. Salah satunya adalah yang saya bahas disini. Yah, mungkin lain kali saya bahas teknik lain dalam melakukan plotting.

Dalam dunia tehnik dan grafis ada beberapa hal yang telah dibakukan sehingga menjadi standar internasional, diantaranya adalah standar ukuran kertas dan ukuran skala dan dalam autocad sangat diperlukan...

Dalam menggambar teknik ada beberapa ketentuan yang tidak boleh dilanggar
Description: http://www.ilmugrafis.net/autocad/auto1/1auto1.jpg
Gambar layout kertas

Standart Kertas A0, A1, A2, A3, A4
Description: http://www.ilmugrafis.net/autocad/auto1/3auto1.jpg


Skala yang dianjurkan
Description: http://www.ilmugrafis.net/autocad/auto1/2auto1.jpg
Seperti halnya menggambar manual maka kita lakukan adalah melakukan penskalaan...
Semoga bermanfaat...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "5 Langkah Mudah Mempersiapkan AutoCAD Plot"

Poskan Komentar